Membuat Film Pendek

Image source: notwuiterig
IDNHACK - Untuk membuat sebuah karya yang bagus, kamu harus melalui beberapa proses tahapan belajar.  Tahapan ini yang harus kamu lalui, butuh proses panjang mulai dari sebuah karya yang biasa-biasa saja sampai menghasilkan karya yang bagus dan memuaskan. Intinya kamu harus berusaha dan terus belajar jangan sampai mundur. 

Bagi kamu yang belum pernah membuat film pendek, kamu bisa melanjutkan membaca artikel ini. Tapi sebelum masuk kedalam pembahasan tahapan membuat film pendek, sebaiknya saya jelaskan dulu apa sih film pendek itu ?

Film pendek adalah sebuah film yang memiliki durasi kurang lebih 30 menit bahkan hanya 2 sampai 5 menit saja. Filmnya dibuat simple tetapi isi pesan yang terkandung tetap tersampaikan dengan baik. 

Untuk membuat film pendek buatlah film yang paling sederhana dulu, yang paling mungkin kamu bisa buat. Hal yang penting dalam film yang akan kamu buat harus ada Prolog, Konfilk (permasalahan) dan Ending. Untuk mendapatkan 3 hal pokok tersebut, kamu bisa menggali dari aktivitasmu sehari-hari mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali.


Persiapan membuat film pendek 

Sebelum membuat film pendek ada beberapa hal yang kamu harus lakukan :

1. Riset Cerita

Lakukanlah mini riset untuk mematangkan cerita apa yang akan diangkat. Kamu bisa mendapatkan refrensi dari buku, google dan kehidupan sekitar.

2. Pembuatan Skrip

Setelah kamu mendapatkan cerita kemudian cerita tersebut kamu buat Skrip dan naskah Skenarionya agar lebih mudah saat proses pengambilan gambar.

3. Mempersiapkan Peralatan

Persiapkan semua peralatan yang akan kamu gunakan pada saat nanti proses pengambilan gambar. Periksa semua peralatan mulai dari kamera, batrey, tripod, dan perekam suara. Pastikan semua berfungsi dengan baik. 

4. Riset Lapangan

Sebelum melalukan pengambilan gambar, lakukan riset lapangan. Carilah lokasi pengambilan gambar (syuting)  yang sesuai dengan isi cerita.

5. Pengambilan Gambar (Syuting)

Setelah tempat pengambilan gambar (syuting) sudah ditentukan. maka kamu bisa untuk membuat tekhnik pengambilan gambar agar tidak terbilang monoton. 


6. Edit Hasil Video

Hasil video yang sudah kamu ambil yang berupa potongan-potongan atau mungkin video yang kurang bagus, bisa kamu edit dan gabungkan semua video menjadi satu sehingga menjadi satu film yang utuh. Kamu juga bisa menambahka teks, suara dan efek khusus agar film yang kamu buat lebih menarik.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Film Pendek"

Posting Komentar